Fira, Sarjana Matematika yang Jadi Duta Baca
March 28, 2017
SultengEkspres (623 articles)
0 comments
Share

Fira, Sarjana Matematika yang Jadi Duta Baca

Poso, SultengEkspres.com — Fira Tiyasning Tri Utari, sarjana matematika dan pegiat Sikolah Mombine Poso akhirnya dinobatkan sebagai Duta Baca Kabupaten Poso 2017. Ia menyisihkan 18 peserta lainnya dalam ajang yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Poso.

Perempuan muda yang akrab disapa Fira ini adalah luaran Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tadulako. Ia unjuk kemampuan dan berhasil mengungguli 18 peserta lain yang berasal dari perwakilan sekolah, mahasiswa, penggiat literasi dan perpustakaan lokal yang berada di Poso.

Remaja putri 24 tahun ini mengaku, jika motivasi awalnya mengikuti ajang Pemilihan Duta Baca Poso 2017 adalah ingin mendekatkan buku pada anak-anak. Dia ingin agar kebiasan membaca tumbuh dari usia dini. Fira yang pernah terjun Kuliah Kerja Nyata di Desa Lebo, Parigi Moutong ini berharap bisa merangkul seluruh pegiat literasi di Poso, untuk sama-sama turun tangan dan terlibat dalam gerakan Poso gemar membaca.

Saat kuliah di Universitas Tadulako, ia aktif pula menjadi sekretaris Himpunan Mahasiswa Matematika. Artikel yang ditulisnya tentang Model Matematika Penyebaran Isu di Kota Poso menarik perhatian saat dipresentasikan di Workshop Peace Sustainabilty di Poso pada 2015.

Duta Baca Poso 2017 ini bermukim di Jalan Pulau Natuna, Kelurahan Gebang Rejo Poso, Kota. Beragam kegiatan literasi di Poso dilakukannya bersama Komunitas Poso Babaca, Perpustakaan Sophia, Perpustakaan Kardus dan lainnya. Fira bahkan tercatat pernah mewakili Indonesia dalam kegiatan School of Peace di Kamboja pada 2015.

“Ini adalah hasil dari semangat sukarela yang selama ini kita bangun bersama Komunitas Poso Babaca. Kita menjalankan perpustakaan kardus dari desa ke desa. Melihat senyum dari anak-anak Poso yang selalu bertanya kapan kita kembali membawa buku-buku baru. Kita kolaborasikan pula kopi dan buku di Kopipedia,” tulis Fira dalam dalam salah akun media sosialnya.

Pecinta buku ini menyadari semua aktivitas mereka berjalan dengan baik dengan dukungan semua pihak di Poso dan sesama pegiat literasi lainnya. Dia berterima kasih pula pada Dinas perpustakaan dan Kearsipan Poso yang disebutnya sebagai lumbung ilmu pengetahuan untuk mencerdaskan anak Poso.

“Semoga dengan amanah dan tugas baru yang berikan ini, saya akan mempermudah akses buku kepada anak-anak dan merangkul seluruh penggiat literasi yang ada di Poso, khususnya. Untuk menumbuhkan minat membaca bagi anak muda di Poso,” harap dia. (nur/jgb)

SultengEkspres

SultengEkspres

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *