Gubernur Longki: Kepsek SMA/SMK Harus Hati-hati Menarik Pungutan
May 2, 2017
SultengEkspres (756 articles)
0 comments
Share

Gubernur Longki: Kepsek SMA/SMK Harus Hati-hati Menarik Pungutan

Palu, SultengEkspres.com – Gubernur Longki Djanggola, Selasa, 2 Mei 2017 melantik tidak kurang dari 300 Kepala Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017 di Halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tengah.

Seperti diketahui, seiring implementasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah maka penyelenggaraan pendidikan menengah, khususnya SMA dan SMK menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi.

Pada kesempatan itu, Kepala Daerah yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng ini mengingatkan bahwa walau sudah beralih status jadi pegawai provinsi, Ia mengingatkan agar para Kepala SMA/SMK itu jangan sampai mengabaikan pemerintah kabupaten/kota dimana sekolahnya berada.

“Saya tidak mau mendengar ada kepala-kepala sekolah yang tidak mau berkoordinasi dengan bupati/walikotanya. Saudara tidak boleh seenaknya. Jangan mentang-mentang sudah diambil provinsi lantas tidak mau tahu dengan pemerintah kabupaten atau kotanya,” tandas gubernur mengingatkan para Kepsek untuk tetap menjalin hubungan harmonis dengan Pemkab/Pemkot.

Lebih lanjut, Gubernur meminta para Kepsek mentransformasi filosofi pelayanan yang ada selama ini apalagi bila bersinggungan dengan keuangan.

“Saya ingatkan agar para Kepala Sekolah hati-hati membuat pungutan-pungutan karena tiap saat Anda selalu diintai tim saber pungli, masyarakat, orangtua maupun pemerhati pendidikan,” tekan dia.

Olehnya, Gubernur berharap para pimpinan sekolah ini berkonsultasi dulu dengan bupati atau dinasnya sebelum menarik pungutan ke siswa.

“Kalau pun harus memungut ada Pergub tentang standar pungutan-pungutan yang tidak boleh dilebih-lebihkan supaya saudara terlindungi secara hukum,” imbuhnya.

“Orang mampu mengsubsidi yang tidak mampu sehingga pungutan hanya untuk yang mampu sekali lagi jangan dibalik,” kata gubernur. (rol/jgb)

SultengEkspres

SultengEkspres

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *