Mau Ujian Kedinasan atau Test Kompetensi? Tak Perlu Jauh-jauh Lagi
July 13, 2017
SultengEkspres (767 articles)
0 comments
Share

Mau Ujian Kedinasan atau Test Kompetensi? Tak Perlu Jauh-jauh Lagi

Palu, SultengEkspres.com – Gubernur Longki Djanggola mendampingi Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana, Selasa, 11 Juli 2017 lalu telah meresmikan Unit Pelaksana Teknis Manajemen Aparat Sipil Negara di Palu, Sulawesi Tengah. Dengan kehadiran UPT ini, ujian untuk sekolah-sekolah kedinasan, uji kompetensi, seleksi jabatan struktural dan lain-lain dapat dilakukan di Palu saja. Tak perlu lagi jauh-jauh ke Makassar atau Jakarta.

UPT ini beralamat di Jalan Kartini, Palu. Sebelumnya, ini adalah bekas kantor Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi yang digunakan berdasarkan perjanjian pinjam pakai selama 5 tahun terhitung 27 April 2017.

Bangunan kantor berluas 365,94 meter dan fasilitas yang dimiliki berupa ruang kerja kepala UPT dan staf, ruang server, dan ruang pelaksanaan CAT (Computer Assisted Test) atau tes berbasis komputer yang dilengkapi 55 unit PC.

Dengan hadirnya UPT BKN di Palu, Gubernur Longki berharap akan mempercepat reformasi birokrasi dalam fasilitasi rekrutmen CPNS dan siswa sekolah kedinasan, ujian dinas dan penyesuaian ijazah, pemetaan kompetensi jabatan, seleksi jabatan struktural, tes kompetensi bidang dan asessment ASN.

“Tiap pegawai ASN di Sulawesi Tengah akan dapat didayagunakan dan ditempatkan secara benar dan tepat, berdasarkan background pendidikannya, bakat, kompetensi dan potensinya,” harap gubernur.

Sementara itu, Ka. BKN Bima Haria mengungkapkan kantor UPT yang baru diresmikan adalah yang ke-8 di Indonesia dan Ia targetkan tiap provinsi akan mempunyai kantor UPT sendiri.

Titik berat layanan UPT manajemen ASN lanjut Bima ada pada asessment center dan CAT untuk mendapat pegawai ASN berkualitas sebagai pelayan publik.

Olehnya secara halus Ia mohon ke gubernur, kiranya menghibahkan kantor untuk direnovasi sehingga memenuhi standar yang ditentukan. “Idealnya 3 lantai, atas untuk asessment center, lantai 2 untuk CAT berkapasitas 100 PC dan lantai 1 untuk layanan dasar,” urainya.

Terkait keinginan itu, gubernur setuju asalkan tidak melanggar ketentuan aset. “Kalau semua memenuhi ketentuan aset, Saya tidak alergi menghibah-hibahkan,” singkatnya.

Rangkaian peresmian kantor ditandai dengan pembukaan selubung papan nama kantor dan pengguntingan pita, dilanjut peninjauan simulasi CAT oleh rombongan pejabat BKN dan Gubernur Longki Djanggola.

Turut hadir di acara peresmian Bupati Donggala Kasman Lassa dan Bupati Sigi Moh. Irwan Lapata, Kepala BKD Provinsi Aris Singgih dan para kepala BKD kabupaten/kota se Sulteng. (hum/jgb)

SultengEkspres

SultengEkspres

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *