Pelabuhan Lalong Ekspor Perdana Hasil Laut ke Hongkong
March 14, 2017
SultengEkspres (755 articles)
0 comments
Share

Pelabuhan Lalong Ekspor Perdana Hasil Laut ke Hongkong

PALU, SULTENGEKSPRES – Pelabuhan Lalong yang terletak dijantung Kota Luwuk, ibukota Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Selasa pagi, 14 Maret 2017 terlihat berbeda dari hari biasanya. Raungan sirene terdengar menandai dimulainya ekspor perdana hasil laut Banggai ke Hongkong.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP), Christina Sandra Tobondo dalam sambutannya mewakili Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola mengatakan Kabupaten Banggai sangat berkontribusi atas realisasi investasi Sulteng sepanjang Tahun 2016 kemarin.

“Banggai ada diurutan kedua, dibawah Kabupaten Morowali,”jelas Sandra.

Sandra juga menyebut bahwa salah satu Provinsi di Republik Rakyat China (RRC), Provinsi Hainan sangat tertarik untuk berinvestasi perikanan di Luwuk. Olehnya Gubernur Longki melalui Dinas PM-PTSP berharap Pemerintah Kabupaten Banggai dapat meningkatkan nilai tambah komoditi perikanan yang diekspor.

“Semoga kedepannya bisa didirikan pabrik ikan untuk memberi nilai tambah pada ikan yang diekspor,”imbuh Kadis Sandra.

Sementara itu Bupati Banggai, Herwin Yatim mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mencurahkan waktu dan tenaganya untuk meningkatkan nilai ekspor perikanan kabupaten tersebut.

“Ini yang mau didorong, dimajukan lebih cepat dan mudah-mudahan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah tetap memberikan dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banggai,”pungkas Bupati Herwin.

Hasil laut yang diekspor pada ekspor perdana ini berupa ikan, udang, cumi-cumi dan lain-lain dengan berat total mencapai 100 ton. Kesemuanya dimuat dalam kontainer kapal Mentari Sentosa milik CV. Indotropic Fishery asal Surabaya.

Antoni Sudarta, Direktur CV Indotropic Fishery menjamin ekspor perdana ini  akan sukses karena perusahaannya sudah cukup berpengalaman melayani ekspor lewat laut.

“Kapal Mentari Sentosa pernah melayani lebih kurang 1000 boks hasil perikanan,”aku Antoni.

Launching ekspor perdana hasil laut Kabupaten Banggai ini selain dihadiri Kadis PM-PTSP dan Bupati Banggai juga dihadiri Wakil Bupati Banggai, Unsur Pemkab Banggai, Kapolres Banggai, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta mitra kerja. (RIL/ PIN)

SultengEkspres

SultengEkspres

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *