Poso Membutuhkan Operasi Sipil untuk Pemulihan Hak Keperdataan
July 14, 2017
SultengEkspres (756 articles)
0 comments
Share

Poso Membutuhkan Operasi Sipil untuk Pemulihan Hak Keperdataan

Palu, SultengEkspres.com – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola dalam kesempatan bedah buku biografi Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi H.M. Tito Karnavian, Jumat, 14 Juli 2017 menyampaikan gagasannya agar Operasi Tinombala diikuti oleh Operasi Sipil. Operasi Sipil ini menurut Longki tujuannya untuk pemulihan hak-hak keperdataan warga Poso.

Apa yang disebut Gubernur Longki itu memang menjadi amanat Deklarasi Malino untuk Poso. Saat Poso ini dilanda konflik kemanusiaan, ribuan hektare tanah, berupa lahan rumah dan perkebunan ditinggalkan mengungsi. Saat konflik usai, mereka kembali, namun kerap tanah maupun lahan yang mereka punya dikuasai orang lain. Lalu mereka pun terpaksa mendiami tanah milik orang lain pula.

Saat Deklarasi Malino untuk Poso diteken Kamis, 20 Desember 2001 silam, di Malino, Sulawesi Selatan, pengembalian keperdataan menjadi bahasan penting. Poin ketujuh Deklarasi ini menyebutkan; Semua hak-hak dan kepemilikan harus dikembalikan ke pemiliknya yang sah sebagaimana adanya sebelum konflik dan perselisihan berlangsung.

Berbilang tahun hal itu terabaikan. Meski sudah ada yang kemudian melakukan transaksi jual beli lahan, tapi harganya jauh dari nilai jual obyek pajak.

Karenanya tak salah bila sekarang, Gubernur Sulteng yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng ini menyampaikan gagasan terbuka agar Operasi Tinombala didampingi oleh Operasi Sipil yang melibatkan aparatur sipil negeri dari Pemerintah Kabupaten dan Dinas terkait.

“Operasi Sipil ini tujuannya untuk pemulihan hak-hak keperdataan warga Poso yang terabaikan selama konflik. Banyak tanah-tanah kosong seperti tidak bertuan yang kita lihat di Poso sepanjang jalan, padahal itu ada pemiliknya. Ada pula yang mungkin sudah dikuasai oleh orang lain. Jadi kiranya ini dapat kita lakukan, maka nantinya akan bersama-sama dengan Operasi Tinombala,” demikian Gubernur Longki Djanggola membeberkan gagasannya. (jgb)

SultengEkspres

SultengEkspres

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *