PPID Dinas Cipta Karya dan SDA Tak Aktif, Website Bina Marga Salahi Aturan
April 5, 2017
SultengEkspres (623 articles)
0 comments
Share

PPID Dinas Cipta Karya dan SDA Tak Aktif, Website Bina Marga Salahi Aturan

Palu, SultengEkspres.com — Sarana dan Prasarana Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air tidak lengkap. Tentu saja itu berdampak pada ketidakaktifan PPID di Dinas ini. Sementara di Dinas Bina Marga sarana dan prasarananya lengkap dan terpublikasi, hanya saja ekstensi domain dot com yang mereka gunakan menyalahi aturan.

Demikian temuan Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu, 5 April 2017 saat meninjau kelengkapan sarana dan prasarana Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang di Dinas Bina Marga dan Dinas serta Cipta Karya Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah. Kepala Biro Humas, Ridwan Mumu didampingi Kepala Sub Bagian Pengelolaan Media Elektronik, Adiman dan sejumlah staf pengelola PPID.

Menurut Ridwan, tujuan kunjungannya untuk mengevaluasi sejauh mana kelengkapan PPID pembantu di dinas-dinas dan pelayanan petugasnya pada pemohon informasi.

“Hal-hal yang kami lihat seperti ada tidaknya jadwal pelayanan, struktur, SOP (Standard Operating Procedure), lembar permintaan informasi, dan lain-lain,” jelas karo humas pada petugas jaga di Dinas Bina Marga.

Petugas jaga lalu menuturkan pada Ridwan dan rombongan bahwa pelayanan PPID Bina Marga selama ini sudah optimal yang ditunjukkan dengan tersedianya sejumlah item layanan bagi pemohon informasi yang ingin mengetahui tugas fungsi dan hasil-hasil kerja dinas bina marga selama ini.

“Setiap ada kegiatan dinas, dokumentasinya langsung dipublikasikan ke situs web binamargasulteng.com sehingga mempermudah masyarakat mengaksesnya,” ungkap Ardi, petugas yang menemui Karo Humas saat itu.

Untuk domain dot com, Ridwan meminta supaya diganti sesuai aturan bahwa seluruh ekstensi domain instansi pemerintah menggunakan domain go.id serta pranalanya terkait dengan website sultengprov.go.id.

Saat kunjungan di Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air, Ridwan menemukan kelengkapan sarana dan prasarana PPID tidak ada. Padahal pengelola PPID-nya telah melakukan studi banding ke Pemerintah Kota Malang Desember 2016 lalu.

Olehnya, Ridwan menyarankan petugas PPID dinas bersangkutan ‘berstudi banding’ lagi ke PPID Dinas Bina Marga guna memperdalam tata kelola pelayanan PPID sebagaimana juga dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan, serta Dinas Koperasi UMKM Sulteng.

Kasubbag Adiman menambahkan bagi dinas yang memenuhi kriteria ideal pelayanan PPID akan mendapat apresiasi dari Gubernur Longki Djanggola saat peringatan HUT Provinsi Sulteng 13 April 2017 nanti.

“Ini bukan sekedar kunjungan biasa tapi juga evaluasi. Tujuannya untuk mengapresiasi dan memotivasi pelayanan PPID baik di provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Adiman. (hum)

SultengEkspres

SultengEkspres

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *