300 Prajurit TNI Dilatih Pengetahuan Teritorial, Intelijen dan Taktik Tempur
May 10, 2017
SultengEkspres (664 articles)
0 comments
Share

300 Prajurit TNI Dilatih Pengetahuan Teritorial, Intelijen dan Taktik Tempur

Poso, SultengEKspres.com – Markas Besar Tentara Nasional Indonesia kembali menyiapkan Satuan Tugas Teritorial (Satgaster TNI) dan Pasukan Kerangka yang akan bertugas dalam operasi pemulihan keamanan di daerah Kabupaten Poso dalam Satuan Tugas Operasi Tinombala.

Sebagai pasukan pemulihan keamanan wilayah Poso, Satgaster ini akan bekerjasama dengan pihak Kepolisian, Pemerintah Daerah dan Instansi terkait lainnya untuk memulihkan stabilitas wilayah dan pemulihan perekonomian masyarakat.

Olehnya agar program Satgaster ini dapat berjalan dan tepat sasaran, maka seluruh prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Teritorial ini dibekali dengan Latihan Pratugas selama 21 hari terhitung mulai Selasa, 9 Mei 2017.

Upacara pembukaan Latihan Pratugas Satgas Teritorial dan Pasukan Kerangka ini digelar dalam suatu upacara militer di Lapangan Batalyon Infanteri 714 Sintuvu Maroso Poso dengan Inspektur Upacara Pangdam XIII Merdeka Mayor Jenderal TNI Ganip Warsito sebagai Komandan Latihan.

Dalam amanatnya, Pangdam Ganip mengatakan bahwasanya latihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan tentang karakteristik wilayah operasi dan musuh, penerapan pembinaan teritorial di wilayah operasi serta taktik dan tehnik teritorial dan intelijen bagi prajurit Kodim 1307 Poso yang termasuk Satgas Teritorial serta taktik dan teknik pertempuran dikaitkan dengan situasi terakhir daerah penugasan bagi para Prajurit Yonif 714 yang tergabung dalam Pasukan Kerangka.

Selain itu, latihan ini juga menitikberatkan pada peningkatan kemampuan taktik dan teknik dasar kemiliteran, melatih kemampuan komando dan pengendalian Pimpinan Satuan serta kerjasama dalam menciptakan taktik dan teknik yang efektif dan efisien di lapangan.

Dalam amanatnya juga Pangdam XIII Merdeka berpesan agar seluruh prajurit melaksanakan latihan pratugas ini dengan sungguh-sungguh dengan berpegang pada prinsip, “Lebih Baik Mandi Keringat dalam latihan dari pada mandi darah di medan pertempuran.”

Latihan pratugas ini diikuti oleh 100 orang prajurit Kodim 1307 Poso yang tergabung dalam Satgas Teritorial dan 200 orang prajurit Yonif 714 Sintuvu Maroso yang termasuk dalam Pasukan Kerangka.

Upacara ini dihadiri oleh Bupati Poso dan Pimpinan Forkopimda Kab.Poso, Dankolakops/Danrem 132 Tadulako Kol Inf Muhammad Saleh Mustafa, Wadankolakops Kol Inf Alfi Sahri Lubis, Dansatgaspur Kol Inf FY.Purba, Kaops Tinombala Kombes M.Badrus, Kapolres Poso Akbp Bogiek dan Dandim 1307 Poso serta masyarakat umum. (pen/rem)

 

SultengEkspres

SultengEkspres

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *