Investasi Sulteng: Rangking 1 di KTI dan 6 di Indonesia
March 16, 2017
SultengEkspres (664 articles)
0 comments
Share

Investasi Sulteng: Rangking 1 di KTI dan 6 di Indonesia

PALU, SULTENGEKSPRES — Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu menetapkan target investasi Sulawesi Tengah pada 2017 sebesar Rp22 Triliun. Target ini lebih tinggi dari target 2016 sebesar Rp14,5 Triliun. Pada 2016, Sulawesi Tengah mencatat investasi senilai Rp22,99 Triliun. Ini menempatkan daerah ini pada rangking ke-6 se Indonesia dan rangking 1 se-Kawasan Timur Indonesia.

Untuk memastikan target itu tercapai, Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola meminta agar Bupati/Walikota di 13 Kabupaten/kota segera menyerahkan kewenangan penandatanganan perizinan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terbuka Satu Pintu di wilayahnya masing-masing.

Menurut Kepala Daerah yang juga Ketua Partai Gerakan Indonesia Raya Sulawesi Tengah ini, salah satu indikator kinerja DPMPTSP adalah tercapainya target investasi bukan tercapainya target PAD.

“Namun sampai saat ini masih ada kabupaten yang justru mementingkan peningkatan pendapatan asli daerah daripada penerimaan retribusi perizinan. Sehingga bukan kemudahan investasi yang dibangun tapi justru mempersulit investor yang akan berinvestasi,” sebut Gubernur pada Rapat Koordinasi Perencanaan dan Pelaksanaan Penanaman Modal se-Sulawesi Tengah pada Selasa malam, 14 Maret 2017 lalu di Banggai, Sulawesi Tengah.

Karenanya, Gubernur Longki meminta Kepala Dinas PMPTSP Sulawesi Tengah, Christina Sandra membuat surat yang akan ia kirimkan kepada Bupati/Walikota di 13 Kabupaten/Kota untuk menjadi pedoman investasi.

Ia juga meminta agar Dinas terkait meninggalkan pola lama birokrasi kita. Kata Dia, “Sekarang harus kita ubah mindset dari dilayani menjadi melayani.”

Menurut Christina Sandra, pertemuan ini kali pertama digelar sejak perubahan kelembagaan Badan Promosi dan Penanaman Modal merujuk ke Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 100 Tahun 2016 tentang kelembagaan DPMPTSP.

Sandra berharap hasil-hasil rapat koordinasi ini dapat menyamakan pola program PMPTSP dari pemerintah pusat, provinsi dan kota/kabupaten. (RIL/JGB)

SultengEkspres

SultengEkspres

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *